Medan, 19 April 2011

Bermain Matematika

Hari ini aku bermain dengan matematika
ketika angkaangka mulai muncul tibatiba
menempel di kepala dan memantul di kaca
ah, puluhan angka berderet di sana

Hari ini aku bermain dengan matematika
satu, dua, tiga…dan hitunganku terus bertambah
sebanyak masalah yang harus diselesaikan
sebanyak beban yang aku tanggungkan

Hari ini aku bermain dengan matematika
ketika ibu memandang sayang
ketika ayah purapura membaca koran
aku lupa berapa kali sudah kuberi mereka senyuman

Hari ini aku bermain dengan matematika
dan cukup banyak hitungan yang belum selesai
ketika mengingat Tuhan, lima kali-ku tak pernah sempurna
ketika mengingat usia, 24 jam-ku entah habis ke mana

dan matematikaku belum lulus juga…

Selamat ulang tahun mumu
senang mengenalmu
-nuna-

