Jogja sebagai kota dengan segudang seniman, tak perlu diragukan lagi. Di sini, hampir tiap minggu digelar acara seni. Penyuka seni akan dimanjakan dengan berbagai acara, yang diadakan oleh komunitas maupun resmi dari pemerintah kota dan daerah. Salah satu gelaran seni akbar yang diadakan sepanjang bulan Oktober adalah untuk memperingati ulang tahun Kota Yogyakarta ke-258. Banyak event yang bisa dinikmati sepanjang bulan Oktober, mulai dari pentas seni 45 kelurahan, Gebyar Pasar di Plasa Ngasem, hinga Panggung Rakyat dengan suguhan seni kontemporer. Bukan hanya rakyat Jogja yang dimanjakan dengan acara-acara tersebut tapi juga wisatawan yang kebetulan sedang berada di Jogja.

Salah satu rangkaian acara ulang tahun Kota Jogja 258 adalah jogja 258 Out Door Sculpture Exhibition 2014 –sebuah pameran patung dari 12 seniman patung. Uniknya, patung-patung tersebut diletakkan di sepanjang ruas parkir Abu Bakar Ali hingga kawasan Titik Nol. Pemasangan patung yang diadakan pada 1 Oktober 2014 tersebut diawali dengan kegiatan yang disebut Ritual 00 di Titik Nol Kilometer.

Picture 193

Picture 225

Salah satu karya patung yang populer adalah karya seniman Dunadi, dengan judul ‘Bertautan’ yang menggambarkan tiga gajah sedang berjalan ‘bergandengan’. Salah satu yang menjadikan patung ini eye catching adalah karena tinggi patung ini mencapai lima meter dengan panjang tigabelas meter bila diukur keseluruhan. Seniman Dumadi mempersilakan masyarakat untuk tidak hanya berfoto diantara gajah-gajah buatannya, tapi juga mencorat-coretnya. Sebuah sikap yang bagus mengingat hal tersebut ikut melibatkan masyarakat umum secara tidak langsung untuk berekspresi.

Picture 204 Picture 233

Masih sangat banyak karya seni dari seniman patung yang bisa dinikmati. Dengan adanya patung-patung yang disebar di sepanjang Abu Bakar Ali hingga Nol Kilometer menjadikan kawasan ini tak pernah sepi pengunjung yang hendak menikmati seni atau hanya sekadar mengabadikan momen untuk diunggah ke media sosial. Sebuah bentuk promosi baru di era digital yang sangat manjur.

Masih belum ada kesempatan datang ke Jogja untuk menikmati 12 karya seniman patung ini? Tenang, patung-patung ini direncanakan masih bisa dinikmati sampai Oktober 2015. So, enjoy the art, enjoy Jogja!

Advertisements