Ada yang sudah punya buku di atas? Magi Perempuan dan Malam Kunang-kunang, kumcer Guntur Alam (Gramedia, Agustus 2015) adalah ilustrasi kaver perdana saya. Bangga? Jelas, karena saya dipercaya dan diberi kesempatan oleh penulis dan penerbit. Sebelumnya saya tak pernah membayangkan akan melangkah sejauh ini dengan cepat. Kalau ditarik ke belakang, semua berawal dari media sosial. Saya (kebetulan) berteman dengan Guntur dan saya juga sering mengunggah gambar yang saya buat di berbagai akun medsos yang saya punya. Suatu waktu, Guntur menghubungi saya. Dia cerita kalau dalam waktu dekat novelnya akan terbit dan dia butuh ilustrator untuk kaver. Saat itu dia sudah minta izin ke editor untuk kolaborasi dengan ilustrator luar –bukan ilustrator yang disediakan Gramedia. Setelah mendapat izin dan saya mengirim portofolio, proses pun bergulir. Sebenarnya saya hanya diberi waktu dua minggu untuk membuat 3 pasang calon kaver. Waktu yang sangat singkat mengingat order yang diberikan lebih dari enam bulan sebelumnya. Kenapa lama? Karena pihak tim (penulis, editor, co-editor) belum memutuskan judul untuk kumcer ini. 

Waktu dua minggu itu saya pakai untuk membuat konsep sesuai judul yang telah disepakati. Beberapa kali menemui jalan buntu tapi akhirnya semuanya lancar. Kecuali jam tidur yang  terpotong, sih. Hehe. Tapi mata panda dan dagdigdug itu terbayar ketika melihat buku ini beredar di toko buku. Kalau kalian melihat kaver buku itu di toko buku, adopsi ya. Cerita-cerita di dalamnya menarik untuk dibaca. Ini serius, bukan sekadar karena saya terlibat di proses kreatif bukunya. Oh satu lagi, kalian juga bisa melihat karya saya langsung lho. Asik kan? 

  

PS : 

Kalau ada yang ingin order ilustrasi, bisa hubungi surel pramoe.aga@gmail.com

