Membaca Tontonan

Aku pernah punya resolusi bahwa di tahun yang baru, aku bisa membaca lebih banyak buku. Perhitungan ‘lebih banyak’ di sini bukan standar pada umumnya sih, tapi ‘lebih banyak dari tahun sebelumnya’. Mungkin sebulan bisa 2 buku? Itu sudah cukup wow buatku.

Tapi.. Iya, ada tapinya, ternyata tahun 2019 aku hanya ‘berhasil’ membaca 16 atau 17 buku (lupa tepatnya). Anggaplah sebulan hanya satu buku terbaca. Empat sisanya komik dan novel grafis. Dibanding tahun 2018, memang lebih rajin. Tapi untuk sebuah resolusi, kayaknya belum. Mengingat tumpukan buku yang belum terbaca belum banyak berkurang. Haha.

Salah satu alasan kenapa intensitas membaca berkurang, karena di tahun 2019 aku mulai berlangganan aplikasi striming. Dengan begitu, tontonan berupa film dan serial akan menjadi dominasi harian. Intensitas menonton serial menjadi hal baru yang aku tekuni mengingat aku bukan tipe orang yang telaten. Tapi mendobrak sifat itu, pelan-pelan mulai kutonton drama korea rekomendasi teman. Lalu serial Spanyol, serial Perancis, dan negara-negara lain yang mempunyai serial bagus. Daftarnya kudapat dari Twitter atau membaca berita terkini.

Membaca tontonan –istilahku– menjadi semacam pelengkap membaca buku. Serial dan film, terutama yang keluar dari zona nyaman seringkali membawa kita ke alam yang penuh tanda tanya. Sebuah petualangan yang menjanjikan pemikiran yang baru, asupan bagi otak yang terdoktrin dengan sesuatu yang itu-itu saja. Film, seperti halnya buku; juga memuat banyak sekali hal baru. Jendela-jendela menuju dunia yang belum pernah terjamah, pemikiran-pemikiran yang tak pernah tersadarkan, dan sejarah yang mungkin sengaja disembunyikan.

Bagaimana dengan 2020 nanti? Masih kah ada resolusi membaca? Tentu, tapi tak muluk. Yang pasti membaca buku dan membaca tontonan, harus berimbang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s