Mengalahkan Art Block

based on my own experience

Semua seniman pernah merasakan “mati gaya”. Rasanya ingin produktif tapi keran dari isi kepala mampet. Lebih gemasnya lagi karena ide-ide bergentayangan minta dieksekusi.

Beberapa hal ini selalu aku lakuin, kadang semua sekaligus tapi tak jarang 2-3 saja sudah cukup. Mungkin apa yang aku bagi ini juga bisa manjur untuk kalian. Yuk mulai.

1. Stop

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berhenti berkarya, jangan dipaksa. Art block artinya kita memang butuh jeda.

2. Olahraga

Olahraga cukup efektif menetralkan bad mood. Seperti kita tahu, art block selalu berhasil membuat suasana hati jadi ambyar. Poin ini selain memperbaiki mood juga akan membuat badan sehat tentunya. Tapi mengalahkan art block ngga cukup hanya sampai poin pertama. Lanjut!

3. Menonton ulang film favorit

Biasanya pilihanku jatuh ke film-film produksi Ghibli Studio. Kenapa harus menonton ulang? Kenapa ngga nonton film yang belum ditonton? Jawabannya adalah karena kita hanya butuh ‘perangsang’. Kita sebenarnya ngga butuh tontonan. Jadi dengan nonton film yang pernah kita tonton, setidaknya “asupan” ide tetap ada tapi kita ngga perlu berpikir soal jalan cerita. Simple.

4. Membaca komik atau art book

Sama halnya dengan menonton, kita hanya butuh asupan visual untuk melancarkan jalan keluar ide-ide yang terhambat. Membaca komik atau art book tentu lebih ringan jika dibandingkan dengan novel kriminal, kan? Nikmati gambar-gambarnya, dialognya yang receh, dan jalan cerita sederhana yang sebenarnya cukup dalam jika kita mau menguliknya.

5. Jalan kaki atau bersepeda

Di luar poin olahraga, jalan kaki atau sepeda –terutama di pagi hari– efektif banget untuk merangsang ide. Kenapa? Karena dengan dua kegiatan yang santai itu justru kita jadi lebih memperhatikan sekitar. Ngga terburu-buru, ngga perlu terlalu fokus dengan lalu lintas seperti halnya saat bermobil. Pilih rute yang jarang dilewati akan lebih bagus.

Gimana dengan dengerin musik, kok ngga masuk list?

Iya, sengaja. Karena buat aku sendiri, dengerin musik itu hukumnya wajib. Jadi mau art block atau ngga, tetap harus ada musik.

Yang terakhir, kita harus berdamai dengan art block. Ngga perlu terlalu ngoyo saat hal itu terjadi. Asalkan kita sudah tahu triknya, begitu siklus itu datang, setidaknya kita sudah siap. Selamat berkarya kembali!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s