Merenungi 2021 Lewat Gratitude Jar

Ini tahun kedua aku mengisi Gratitude Jar. Di tahun lalu, walaupun pada bulan Maret 2021 virus corona masuk Indonesia, tapi celenganku lumayan banyak isinya. Kegiatan memang terbatas setelah bulan ketiga, tapi tak begitu berpengaruh dengan hal-hal baik yang datang.

Gimana dengan tahun ini?

Berat.

Semalam, aku buka celengan Gratitude Jar-ku. Isinya jauh lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Bahkan isinya mayoritas hanya bulan-bulan awal. Tunggu, apakah aku kurang bersyukur selama 2021?

Tahun lalu memang tahun berat buatku. Efek pandemi memang baru aku rasakan di tahun kedua ini. Tak cuma mental health yang terganggu tapi juga hal-hal lain yang berurusan dengan orang lain, dengan pekerjaan dan dengan kesempatan-kesempatan lain. Aku bahkan kehilangan tempat nyaman pelarian di kala sedang kalut: membaca, nonton film atau serial dan menggambar. Semuanya jadi kegiatan yang hambar.

Dua ribu dua puluh satu memang sebangsat itu.

Ketika membaca ulang kalimat-kalimat syukur yang tertulis di kertas kecil itu, ada sedikit senyum tersungging. Lalu ingatan melayang kembali ke hari saat ditulis, bergerak ke hari-hari dan bulan selanjutnya yang ‘minim’ tulisan untuk bahan celengan. Lalu aku tersadar. Pandemi dan kroni-kroninya boleh merampas sebagian kebahagiaan yang jadi bagianku, tapi pada akhirnya aku tetap bersyukur bahwa aku bisa bertahan, masih baik-baik saja, dan masih bisa berpikir sehat untuk menjalani tahun selanjutnya. Kalimat syukur yang nggak tertulis tapi mencakup keseluruhan hari di tahun lalu.

Lupakan resolusi. Tapi kalau boleh meminta, mungkin keinginanku di 2022 hanya ingin celengan di Gratitude Jar lebih banyak dari tahun lalu, bahkan dari 2020. Semoga kita selalu bisa menikmati hal-hal kecil sebagai bentuk rasa syukur dan menghadapi hal-hal tak terduga sebagai bentuk ujian manusia.

Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s